Minggu, 04 Desember 2016

Mengenal AAS (Atomic Absorption Spectrometry) dan Preparasi Sampelnya

Apa itu Spektrometri?



Spektrometri merupakan suatu metode analisis kuantitatif yang digunakan untuk mengukur banyaknya analit dalam suatu sampel. Pengukurannya berdasarkan pada banyaknya radiasi yang dihasilkan atau diserap oleh spesi atom atau molekul analit. Metode yang sering digunakan untuk mengukur banyaknya kandungan logam dalam suatu sampel adalah spektrometri serapan atom (SSA) Prinsip kerja dari spektrometri serapan atom (SSA) adalah berdasarkan penyerapan cahaya dengan panjang gelombang tertentu oleh atom logam dalam keadaan bebas (Skoog et al., 2000). Atom-atom menyerap cahaya pada panjang gelombang tertentu. Setiap atom memiliki konfigurasi elektron yang khas dan merupakan karakteristik dari atom tersebut.

Semakin banyak jumlah atom yang terdapat dalam sampel maka semakin tinggi intensitas cahaya yang diserap. Dengan mengukur intensitas cahaya yang diserap maka diketahui banyaknya kandungan unsur logam dalam sampel.
Spektrometri serapan atom dapat melakukan pengukuran sampai kadar parts per billion (ppb) dari 1 gram sampel (µg dm-3). Pada metode ini digunakan panjang gelombang cahaya yang spesifik diserap oleh senyawa. Energi yang diserap oleh atom sesuai dengan kebutuhan energi untuk memindahkan elektron dari satu tingkat energi ke tingkat energi yang lain (tingkat energi lebih tinggi) atau bisa disebut dengan proses eksitasi.
 Proses Absorpsi Atomik




 

1 komentar: